Cara Backup data blog blogspot

Cara Backup data blog blogspot - Hallo Sob Jody Blog, artikel kali ini berjudul Cara Backup data blog blogspot, kami telah menuliskan yang kami tahu pada artikel ini, semoga bermanfaat.

Judul : Cara Backup data blog blogspot
link : Cara Backup data blog blogspot

lihat juga


Cara Backup data blog blogspot

Cara Backup data blog blogspot

Salah satu hal yang biasanya kita lakukan untuk memiliki copy dari file-file di dalam komputer. Cadangan file adalah sebuah ide bagus sebagai antisipasi hilang atau rusaknya file yang kita miliki. Demikian juga dengan file-file blog atau website, untuk menghindari berbagai kondisi dimana halaman blog terhapus atau justru blognya sekaligus yang terhapus (oleh Google, hehe), setidaknya kita masih bisa bernafas lega karena memiliki salinannya yang tersimpan dengan aman, sehingga kita bisa melakukan langkah lanjutan dan mengurangi kerepotan yang nantinya muncul.

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan website atau blog dengan hosting sendiri, pasti cukup mengenal fitur backup di cPanel. Dengan fitur ini kita bisa mencegah berbagai masalah jika terjadi korupsi file, server down, halaman rusak, untuk memindahkan website ke hosting lain, menghindari efek suspend karena sewa hosting tidak segera dibayar (hahaha!), dan berbagai permasalahan lainnya.

Nah bagaimana dengan Blogger? Kita bisa kok melakukan backup dengan menggunakan fitur export, yang biasa kita temui di dashboard > settings. Tapi ini hanya bisa digunakan untuk backup satu blog. Jadi jika anda memiliki beberapa blog, anda harus mengeksport dan download copy-nya satu per satu. Cukup rempong, bukan? 

Nah, untungnya nih, semua layanan Google, termasuk Blogger, disediakan layanan backup handal. Ya, Google Takeout. Anda bisa melakukan backup berbagai file akun dari berbagai layanan Google yang anda gunakan, misalnya: google+ images, youtube, google profile, orkut, dan lain sebagainya termasuk Blogger. File backup untuk Blogger berupa atom. Yang bisa dengan mudah kita gunakan untuk di-export melalui fitur export/import Blogger.

Bagaimana Cara Backup Blogger Dengan Google Takeout?


1. Masuk ke Google Takeout, otomatis sudah login jika sebelumnya anda sudah akses akun Google melalui salah satu dari berbagai layanan Google.

2. Klik "Create an Archive" untuk mulai membuat arsip backup.

3. Anda akan masuk ke halaman berisi berbagai opsi layanan Google yang hendak dibackup. Secara default, semua layanan akan tercentang. Untuk backup Blogger saja, klik centang di sebelah "Select All", lalu centang pada bagian Blogger.
4. Klik "edit" di sebelah kanan untuk memilih apakah anda akan backup seluruh blog Blogger yang anda miliki atau salah satu blog saja.
5. Setelah selesai, kembali ke bagian atas halaman. Untuk membuat arsip, klik "CREATE ARCHIVE", jika ingin mengubah format kompresi file backup, klik "change. Defaultnya adalah .zip.
6. Setelah itu anda akan masuk ke halaman progress pembuatan file backup, lamanya tergantung dari berapa besar konten blog yang di-backup.

7. Setelah proses selesai, akan muncul informasi arsip backup, link download, dan masa simpan file backup di storage Google Takeout. Biasanya seminggu. Setelah itu file akan dihapus. Oleh karena itu, saran saya, langsung download file backup blog anda dan jangan ditunda. Done.

Hal Yang Harus Diperhatikan dan Diketahui Mengenai Backup Blogger


1. Backup blog Blogger, baik melalui fitur export /import pada dashboard Blogger maupun Google Takeout hanya akan mengambil data konten post (dalam format atom, semua dalam teks), bukan konten atau file lain seperti gambar, template, konten widget, dll.

2. Gambar yang tersimpan di Picasa/Google+ Images tidak akan terbackup, namun apabila gambar masih ada atau belum terhapus, url sumber gambar di dalam backup konten tidak diubah/diedit, dan jika akun yang digunakan untuk upload dan menyimpan gambar itu tidak dihapus/banned oleh Google, maka gambar akan muncul seperti sedia kala.

3. Pastikan memiliki backup gambar, jika perlu kelompokkan sesuai post (dalam folder-folder khusus).

3. Karena template tidak ikut dibackup, maka ada baiknya anda backup template secara berkala melalui fitur download template di dashboard Blogger> Template, apalagi jika template mengalami perubahan signifikan.

3. Berbeda dengan menyisipkan kode ke dalam template, berbagai kode atau teks yang dimasukkan melalui widget/gadget HTML/Javascript langsung disimpan di server Blogger, bukan di template. Oleh karena itu mustahil melakukan download isi widget karena fiturnya tidak ada. Jika anda membuat dan menambahkan widget baru, apalagi jika sudah dimodifikasi sedemikian rupa, usahakan memiliki copy-nya, simpan pada notepad atau text editor sejenis.

4. Tidak mungkin melakukan backup melalui Google Takeout jika akun Blogger anda sudah terhapus atau dihapus, meski anda mungkin masih memiliki akun Google yang sama dan bisa akses Google Takeout.


Demikianlah Artikel Cara Backup data blog blogspot

Sekian Cara Backup data blog blogspot, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingankali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Backup data blog blogspot dan artikel ini url permalinknya adalah http://caratutorialgratis.blogspot.com/2014/06/cara-backup-data-blog-blogspot.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.