Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog

Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog - Hallo Sob Jody Blog, artikel kali ini berjudul Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog, kami telah menuliskan yang kami tahu pada artikel ini, semoga bermanfaat.

Judul : Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog
link : Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog

lihat juga


Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog

Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog

cara mudah membuat forum di worpresscara paling mudah untuk membuat sebuah form yang ada di postingan blog wordpress. Banyak hal yang dapat kita buat di blog termasuk membuat forum. Forum dibutuhkan sebagai sarana bagi pengunjung untuk berbagi pengalaman, menyampaikan pendapat mereka dan juga berbagi informasi. Selain itu manfaat bagi blog yang memiliki forum adalah jumlah kunjungan yang akan terus meningkat apalagi jika topik yang dibahas dalam forum tersebut menjadi trending topik.
Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat forum dalam blog, khususnya untuk pengguna cms wordpress.  Untuk membuat forum caranya cukup mudah, Kita cukup menginstal plugin forum saja.  Ada banyak plugin yang dapat digunakan untuk membuat forum di blog wordpress Anda. Salah satu plugin yang saya rekomendasikan adalah bbpress. Mengapa bbpress ?, Bbpress menggunakan core wordpress sehingga mudah diintegrasikan dengan wordpress. Penggunaan dan instalasi plugin ini cukup mudah, selain itu plugin forum yang cukup populer ini juga ringan sehingga aksesnya bisa lebih cepat. Dan yang terpenting plugin ini free alias gratis. Pada suka gratisan kan?

Cara Install Bbpress

Cukup jelas ya perkenalan dengan plugin bbpress nya. Ok sekarang mari kita lanjut ke cara mengistall dan setting bbpress :
  1. Silahkan login ke dashboard blog Anda
  2. Pada pojok sebelah kiri pilih menu  plugins >> add new
  3. Pada kolom search silahkan ketik bbpress kemudian pilih bbpress yang punyanya the bbpress communitylalu install bbpress
cara install bbpress

Cara Setting Bbpress

Setelah plugin bbpress terinstall pada kolom menu di sebelah kiri akan muncul menu baru yaitu forums :
menu forums bbpress
Klik menu forums kemudian pilih New forum, Hampir sama dengan cara membuat artikel baru di blog, Selanjutnya silahkan berikan judul dan penjelasan atau deskripsi tentang forum Anda. Misalnya judul forum Film Indonesia . Pada deskripsinya Anda bisa tuliskan Diskusikan pendapat Anda  tentang fim Indonesia disini.
membuat forum baru

Bagaimana cara menampilkan forum bbpress

Tadi kita sudah membuat forum baru, sekarang untuk menampilkan forum tersebut di halaman depan kita butuh untuk membuat halaman baru atau new page. Beri nama halaman baru tersebut dengan forum berbagi, komunitas, forum asik dan sebagainya.Kemudian pada kolom isi silahkan copy paste kode dibawah ini :
[bbp-forum-index]
Jangan lupa untuk mematikan fitur komentar dan trackback untuk halaman ini. Jika Anda tidak melihatnya coba klik screen option pada pojok sebelah kanan layar. Kemudian klik discussion untuk memunculkan fitur komentar dan trakback. Jika sudah silahkan klik publish. Biasanya secara otomatis halaman baru yang Anda buat akan muncul pada menu di halaman depan. Jika tidak silahkan setting menu di appreance >> menu untuk menampilkan halaman forum Anda.
Langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan theme wordpress Anda dengan bbpress. Agar setiap orang bisa mendaftar di forum kita perlu melakukan setting any one can register di menu setting >> general.
anyone can register
Dengan mengaktifkan any one can register, sekarang pengunjung sudah dapat mendaftar di forum. Selanjutnya yang perlu kita buat adalah halaman untuk melakukan pendaftaran. Seperti halnya cara membuat halaman forum tadi, silahkan buat halaman baru di page >> new page. Anda bisa memberi judulnya daftar forum atau register forum. Kemudian pada kolom isi silahkan copy paste kode beikut :
[bbp-register]
Untuk melengkapi forum pendaftaran kita perlu lagi membuat halaman baru untuk “lupa password” halaman ini akan digunakan untuk member forum yang lupa passwordnya. Silahkan buat halaman baru kemudian copy paste kode dibawah ini :
[bbp-lost-pass]
Sampai disini pembuatan halaman registrasi sudah selesai. Kita juga membutuhkan form login supaya member dapat login dengan mudah. Caranya kita hanya perlu menambahkan widget bbpress ke sidebar blog dengan mendrag dan drop widget tersebut pada sidebar. Beri title atau judul dengan Login Forum misalnya, kemudian masukkan link URL daftar forum dan lupa password tadi lalu save.
login widget
Sekarang login form dan registrasi sudah bisa tampil di sidebar.


Demikianlah Artikel Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog

Sekian Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingankali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara TerMudah Membuat Forum Di Blog dan artikel ini url permalinknya adalah http://caratutorialgratis.blogspot.com/2014/06/cara-termudah-membuat-forum-di-blog.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.